Kamis, 15 Juli 2010

eco live, gaya hidup ramah lingkungan



Sudah lama saya mendengar istilah ini, eco live, sejak tinggal di jepang sekitar setahun yang lalu, pemerintah jepang memang sangat gencar mengkampanyekan eco live, dan ini sangat didukung oleh berbagai pihak, setau saya.

Mulai dari media TV dengan memberikan pengajaran dan penjelasan mengenai cinta lingkungan dll, ini saya amati dengan banyak nya acara2 TV yang mengarah ke situ.
atau produsen makanan, banyak produsen minuman kaleng, kini mulai beralih ke kemasan lebih sehat, yaitu kemasan berbahan kertas.

mall atau kombini store pun ga mau ketinggalan, bungkus belanjaan yang tadi nya plastik, kini banyak di antara mereka yang menggunakan tas permanen dari kain.

bahkan perusaan otomotif kelas dunia pun ga mau ketinggalan, mereka bahu membahu membuat "eco cars", bahkan mereka start lebih awal.
toyota motors misal nya, tahun 1997 udah memproduksi toyota prius, mobil pertama ramah lingkungan, prius mulai dipasarkan massal pd thn 2000, prius adalah kombinasi antara bensin dan listrik, mesin akan digerakkan dengan bensin,dan selama mesin bergerak selama itu pula mesin akan men "charge" baterai, jika mobil berjalan pada kecepatan rendah tertentu, mesin akan secara otomatis deijalankan oleh listrik yang tesimpan dalam baterai. asal tau aja, mobil ini zero emisi lho, keren kan.


Yamaha motors ga mau ketinggalan, produsen spesialis motorcycle ini rencananya pada september akan meluncurkan motor listrik, motor ini diberi nama "ec-03". untuk tahap pertama yamaha akan meluncurkan 10 juta unit ke taiwan dan eropa awal tahun depan, motor ini akan dihargai Rp. 25 jt, mesin nya berkapasitas 50 cc, dan mampu berjalan 43 km/jam selama 6 jam.


Kalau negara maju udah lebih duluan sadar lingkungan, masa kita masih mau ketinggalan makin jauh sih, ya minimal kedaran kita tuk mencintai alam indonesia, misal nya jangan buang sampah sembarangan, trs kalo ngerokok puntung rokok nya disimpen di tempat yang bener, moga aja saya ga hanya bisa nulis ya, tapi kebih dari itu, tindakan nyata nya hehe....

lets go ECO LIVE ..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar