Selasa, 30 Juni 2009

Terimakasih nek', telah mengingatkan


Rasa aman yg berlebihan kita rasakan kadang kala akan membuat kita lalai, ceroboh dan kurang hati hati, seperti yang saya alami beberapa hari yang lalu, perasaan akan "aman" nya negara jepang, dimana tingkat kejahatan yang rendah membuat saya ceroboh, setidak nya itu yang saya lakukan.

Dompet saya bentuk nya memanjang, lebih panjang dikit dari panjang duit kertas, dan tak bisa dilipet. sehingga kalo di masukin ke saku celana ngga akan masuk semua nya, nonggol sebagian.

Ketika menunggu lampu merah berubah, suatu hari, tiba tiba dari arah belakang saya ada suara, saya toleh sebentar, dalam hati tumben amat ada orang jepang nyapa orang asing, bisanya sih mereka lebih suka cuek.

" Duh..nak", sapa nya." dompet nya hati hati ya...ntar ada yang nyopet atau jatuh lho" nenek nenek dengan kereta dorong nya memberi peringatan.

"Oh...terimkasih nek', telah ngingetin" balas saya.
Itulah saya, ceroboh. memang sih belum terjadi hal hal buruk dengan dompet saya, namun alangkah baik nya jika kita ber jaga jaga sebelum terjadi hal hal buruk.

Hal yang sama pernah terjadi di rumah orang tua dulu, waktu itu saya masih SMA. rumah saya selalu ramai dengan temen temen, entah temen dari saya, temen dari adik atau temen dari kakak saya.

Rumah ortu lebih mirip sebagai "basecamp" bagi anak anak muda. tapi alhamdulillah ....kagiatan kami ngga ada yang bersifat negatif, apalagi ketika kakak saya masih aktif d IRM, rumah kami pun ramai dengan kegiatan kegiatan yang bersifat positif.

Mungkin karena kebiasaan "open house" itu lah, dan tidak pernah terjadi apa apa sebelum nya, kami pun lalai akan keamanan rumah kami sendiri, saya jadi sering lupa mengunci cendela, lupa menutup pintu dll.

Bahkan, ketika rumah kami sudah sedikit sepi, karena kakak kakak kami sebagian besar sudah merantau atau kuliah d luar kota. kebiasaan itu(ceroboh) ngga berkurang.

Hingga suatu hari, seingat saya dibulan puasa, ketika terbangun di waktu malam, karena ingin ke WC, untuk ke WC saya harus melewati tempat parkiran motor, sedikit ada yang aneh, kok garasi terlihat ganjil, sepulang dari WC saya teringat, "oh iya...motor nya kurang satu", dalam hati.
aku lihat bapak d kamar, masih tidur, kakak ku juga masih tidur.

Wah...aneh. aku bangunin mas bambang, dan bilang kalo motor nya ngga ada di tempat, mas bambang kaget, tapi dia mencoba tenang. semua orang kaget, bahkan tetangga sekitar kami pun heboh, eee..ternyata tetangga kami pun waktu yang bersamaan ada yang kehilangan TV.

Tapi sayang nya, kebiasaan ceroboh itu pun ngga hilang juga, karena kemalingan itu bukan yang terakhir bagi kami, dan masih berlanjut, dari motor adik,tape recorder, bahkan ayam kami pun pernah hilang juga...hehe.

Mendapat ujian berturut turut seperti itu, setelah berjamaah sholat subuh di rumah ( sebelum nya d musholla ), dalam kultum nya bapak (alm) berpesan agar dalam menghadapi cobaan seperti ini kita wajib untuk bersabar, karena bisa jadi itu akan membuat kita lebih mulai, dihadapan NYA. amien.

Dalam hati, saya berterimakasih sekali pada nenek yang telah memberi peringatan saya akan dompet, bayangkan jika dompet saya di curi atau jatuh. bagaimana nasib duit saya, surat surat berharga lain nya, kartu ATM dll.
pasti akan merepotkan untuk mengurus nya.

Jadi, jangan terlena akan rasa aman. apapun itu, karena bisa jadi itu malah menjerumuskan kita. dan bisa jadi membuat kita lalai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar