Rabu, 25 Maret 2009

Nippon ichi maketa hito


Nippon ichi maketa hito atau yang artinya orang jepang yang paling sering kalah. jika membaca kalimat di atas, pasti yang terlintas dikepala anda adalah seorang pecundang, looser.

Dan itupun yang ada di kepala saya pas pertama kali mendengar kalimat tsb di sebuah acara tv jepang. lho...masa sih seorang pecundang malah di beritakan di tv, apa itu bukan sebuah aib, memalukan dan seharusnya dirahasiakan.

Saya baru mendapat pencerahan ketika presenter tsb bilang bahwa ternyata nippon ichi maketa hito tsb adalah orang orang besar, seorang juara sejati jepang. seorang champion.
saya sendiri tak sempat mencatat rekor apa saja seorang juara tsb, antara lain para juara tsb adalah Haragata ( boxing )juara WBC 1974(?) dan Nomura kantoku ( baseball ). kedua nya adalah seorang juara.

Saya baru sadar, bahwa maksud dari kalimat tsb adalah untuk menjadi seorang juara bukanlah jalan yang mudah, perlu perjuangan berdarah darah, jalan yang berliku liku, menanjak dan mungkin saja berlubang lubang, layaknya jalan di indonesia ( itulah sebabnya sopir di indonesia jago jago heheh). dalam wawancara nya, Haragata bilang " tak ada kata menyerah sebelum menjadi seorang juara".

Bob sadino pernah bilang bahwa belum ada rumus sukses secara cepat dan aman, tung desem waringin suka menyebut "lewati dulu 1000 jam perjuangan anda untuk berhasil".

Tulisan ini khusus di tujukan buat saya sendiri agar dalam menempuh perjalanan kehidupan nanti tak cepat tuk putus asa. mudah menyerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar